Langsung ke konten utama

Part 1 Menginstall OpenCV di Python3

Selamat datang di part pertama dalam materi image processing menggunakan library opencv dan python3. Pada part yang pertama ini saya akan membahas bagaimana menginstall opencv pada python (python 3). Saya menggunakan sistem operasi xubuntu (Ubuntu versi XDFE, simpelnya saya menggunakan OS linux). Akan saya usahakan bagaimana menginstall di sistem operasi windows juga (windows 10) pada selanjutnya. Baik, mari kita mulai saja.

Apa saja yang diperlukan

  • Koneksi internet
  • Laptop yang telah terinstall Python3
 

Package software yang Diperlukan

Package software yang akan di-install adalah (kasus di sistem operasi linux, distro xubuntu).
  • Virtual Environment (python3)
    virtual environment adalah membuat sistem terisolasi python baru yang tidak akan mempengaruhi dan dipengeruhi oleh python bawaan pada komputer kita. Simpelnya adanya virtual environment ini membantu kita dalam mengontrol package, setting, dll yang berkaitan dengan python (3) yang akan kita gunakan.
    cara menginstall:
    sudo apt-get install virtualenv
  • tkinter (python3)
    tkinter adalah module grafis (salah satu module grafis yang dimiliki python). Untuk jaga-jaga sebaiknya modul grafis ini juga ikut disertakan dalam proses installisasi. Gunanya menampilkan GUI yang digenerate oleh code python kita.
    cara menginstall:
    sudo apt-get install python3-tk
  • PIP (python3) <optional>
    Pada kasus ini apabila ternyata pada virtula environment python3 yang anda gunakan tidak terdapat  module pip.
    apa itu  PIP ?, PIP adalah package, modules manager yang dimiliki oleh Python3. Adanya pip ini mempermudah kita dalam menginstall, dan mengintegrasikan package yang kita punya.
    cara menginstall:
    sudo apt-get install python3-pip

Library yang akan diinstall

  • OpenCV
    versi terbaru saja yang disediakan oleh package manager
    ini modul utama yang akan kita install pada pembahasan kali ini. Sebenarnya modul ini memerlukan library lain (dependencies) seperi misalnya numpy. Tapi tidak masalah karena biasanya pada proses installisasi akan di-check dan di-install terlebih dahulu modul yang hendak digunakan.

Langkah Pengerjaan

  1. Install Package Manager yang dibutuhkan
    • virtual environment
    • python3 tkinter
    • pip <optional>
  2. Buat virtual environment
    saya menamai virtualenv saya dengan nama "cvenv". Untuk membuat virtual environment adalah sebagai berikut. masuk kepada folder yang hendak anda taruh virtualenv berada. lalu, ketikkan:
    virtualenv -p python3 cvenv
    dengan keterangan python3 adalah tipe python yang digunakan dan cvenv adalah nama virtual environment.
  3. untuk mengaktifkan virtualenv caranya adalah ketikkan command berikut di terminal tadi:
    source cvenv/bin/activate
    maka akan muncul "(cvenv)" di pojok kanan terminal anda.
  4. lalu kita check apakah list library yang digunakan masih dalam bentuk awal. Jika iya maka akan hanya terdapat beberapa library saja. cara check ketikkan:

    pip list
    jika hasilnya adalah pip, pkg-resources, setuptools, dan wheel berati sudah aman.
  5. selanjutnya kita akan menginstall library opencv dengan cara ketik command berikut di terminal anda:

    pip install opencv-python
  6. untuk melakukan pengcheckan bisa jalankan python-nya kemudian tambahkan import cv2. Jika tidak ada error atau warning berarti opencv sudah siap digunakan.


Versi Video




Saran Rujukan Tambahan:



Terimakasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Part 2 Pengolahan Citra Membaca dan Menampilkan Gambar menggunakan Opencv Python

Setelah pada postingan sebelumnya membahas bagaimana cara menginstall opencv-python di xubuntu . Maka pada kesempatan kali ini saya mencoba menjabarkan bagaimana meload dan menampilkan gambar di opencv-python. Mari kita simak Syarat : Pastikan anda, selesai mengikuti part 1 dan tidak ada masalah. Susunan Hirarki File Folder Image, berada pada level yang sama dengan file opencv_learn1.py. Jika digambar dalam bentuk teks: image_processing   ├ Image    | └ baboon.png   └ opencv_learn1.py Tutorial Siapkan gambar, pada contoh saya menggunakan gambar baboon. Dimana gambar ini terletak pada folder Image/baboon.png. folder Image sendiri pada berada pada level yang sama dengan file python yang akan dijalankan. Jalankan virtual environment, caranya ketikkan: source cvenv/bin/activate Silahkan Copas code berikut: Beri nama file dengan "opencv_learn1.py" Untuk running file silahkan ketikkan: python opencv_learn1.py Hasil : Penjelasan import cv2 a

Part 3 Belajar OpenCV Grayscale Image

Grayscale merupakan salah satu proses dalam pengolahan citra. Proses ini biasanya merupakan step awal dan step pembuka untuk step pengolahan citra selanjutnya. Semisal proses binerisasi, proses pengestrakan citra. Proses ini memiliki keuntungan terhadap penghematan data yang digunakan pada proses pengolahan citra. Disamping itu proses ini juga memunculkan masalah yaitu hilangnya kedetailan sebuah gambar. Secara simple proses ini akan menyamakan semua nilai di tiap pixel pada gambar. Semisal pada pixel 1,1 memiliki nilai RGB = [44,34,255]. Ketika menjadi grayscale nilai RGB menjadi sama semisal RGB = [44,44,44]. nilai RGB yang sama menghasilkan warna abu-abu. Silahkan check di warna berikut: RGB [44,34,255] RGB [44,44,44] Code Grayscale Python Hasil Gambar asli Menggunakan Flag 0  Menggunakan Flag Imread GrayScale Menggunakan cvt grayscale Penjelasan Code #import library import cv2 mengimport library opencv # path gambar path_img = "Image/bab